Image result for essien persib

DUNIABOLA121 - Kejutan yang diberikan Persib Bandung pada ulang tahunnya yang ke 84 dengan mendatangkan Michael Essien mengundang decak kagum kalangan sepakbola tanah air. Tidak hanya mengundang perhatian seluruh rakyat Indonesia, bergabungnya Essien dengan Persib ini pun menyita perhatian seluruh dunia.

Untuk mendatangkan Michael Essien yang merupakan pesepakbola profesional kaya pengalaman ini tentunya membutuhkan dana yang besar. Latar belakang dan pengalaman Essien sebagai pesepakbola tentunya tidak diragukan lagi dan bisa menjadikannya pemain super langka di Indonesia.

Mengenai nilai untuk mendatangkan pemain asal Ghana ini PT Persib Bandung Bermartabat masih merahasiakannya sampai sekarang. Salah satu petinggi 'Maung Bandung' Teddy Tjahjono pun mengakui Essien berharga mahal, namun dia tidak bersedia mengungkapkan besaran nominalnya. Selain itu, Umuh Muchtar yang merupakan manajer PErsib pun ikut tutup mulut ketika disinggung nilai kontrak Essien.

"Pokoknya termahallah di Persib, bahkan termahal juga di Indonesia."ujar Umuh. Di klub terakhirnya Panathinaikos Essien digaji lebih dari Rp 11 miliar per tahun. Angka itu jauh menurun ketika dia membela Chelsea. Untuk pemain kelas dunia yang bermain di Eropa harga Rp 11 miliar per tahun terbilang murah. Namun itu juga menjadi rekor di Panathinaikos dan menjadikan Essien sebagai pemain termahal di klub sepakbola Yunani tersebut.

Persib Bandung diperkirakan mengeluarkan dana lebih dari Rp 8 miliar untuk Essien. Tapi informasi itu tidak mendapat penjelasan resmi dari Persib. Ketika disinggung apakah nilai kontrak Essien sama dengan yang diterimanya di Panathinaikos Umuh tidak membenarkan.

Namun saat ditegaskan lagi apakah kontraknya mencapai Rp 11 miliar, Umuh sempat keceplosan bahwa harganya tidak sebesar itu. "Kalian bisa lah menebak kisarannya, tidak sampai Rp 11 miliar. ucap Umuh.

Jika benar nilai Essien sebesar Rp 8 milliar maka itu adalah harga yang sangat mengejutkan untuk ukuran sepakbola Indonesia, sebab selama ini belum pernah ada pemain yang mendapatkan nilai kontrak sebesar itu. Rata-rata nilai kontrak tertinggi pemain asing yang bermain di sepakbola Indonesia adalah Rp 3 milliar dan yang tertinggi Rp 5,1 miliar.

Marcus Bent bekas pemain Everton yang pernah dikontrak sebesar Rp 3 miliar oleh Mitra Kukar. Tahun lalu Persija Jakarta mengontrak Martin Vunk sebesar Rp 4,6 miliar dan Yevgeni Kabayev Rp 5,1 miliar.



Search