DUNIABOLA121.COM - Musim kompetisi English Premier League 2016/2017 akan menjadi tempat berkumpulnya para manager kelas dunia. Beberapa manager top yang telah sukses di kompetisi negara lain kini pun berlabuh di Inggris untuk menukangi tim yang mengontraknya. Jika sebelumnya untuk pemain tempat yang dianggap sebagai kompetisi dengan tantangan level dunia adalah La Liga Spanyol maka berbeda bagi seorang pelatih.

Saat ini bagi seorang pelatih untuk menguji kemampuannya dalam menangani sebuah tim yang dianggap sebagai level dunia adalah melatih untuk tim di English Premier League. Hal itu dikarenakan English Premier League dianggap sebagai kompetisi sepakbola antar klub sepakbola Inggris dengan kemampuan setiap klub yang sangat merata. Tidak seperti La Liga yang hanya didominasi oleh Barcelona dan Real Madrid ataupun Serie A yang dimonopoli oleh Juventus.

Klub sepakbola Inggris yang mengikuti kompetisi Premier League ini dianggap mempunyai kekuatan yaang relatif berimbang itulah yang membuat para pelatih sepakbola dunia memilih untuk berkarir disini. Untuk musim kompetisi 2016/2017 Premier League bisa dipastikan menjadi salah satu kompetisi sepakbola yang wajib untuk diikuti perkembangannya. Selain beberapa pemain kelas dunia dipastikan telah bergabung dengan kesebelasan di Premier League. Kini, para manager kelas dunia pun telah bergabung. Berikut beberapa profil manager yang akan menukangi kesebelasan yang memulai kompetisi pada 13 September 2017 ini ;  
  • Antonio Conte


Pelatih berkebangsaan Italia ini akan menukangi Chelsea dengan durasi tiga tahun. Antonio Conte merupakan mantan pelatih Juventus. Ketika menangani Juventus dia berhasil membawa Juventus meraih banyak gelar. Selain membawa Juventus meraih gelar secara individu Conte juga mendapatkan predikat Serie A coach of the year. Selain menukangi Juventus Conte juga merupakan pelatih timnas Italia saat ini.
  • Pep Guardiola


Pep Guardiola, siapa yang tidak kenal dengan nama ini. Memulai karir kepelatihan dari tim B Barcelona yang kemudian menggantikan Frank Rijkaard pada tahun 2008 lalu melatih tim senior Barcelona ini. Karir kepelatihannya langsung melejit kala menukangi Messi dkk, berbagai gelar pun disabet Barcelona dibawah asuhannya. Musim pertama mengawali karir sebagai pelatih Barcelona saja Guardiola langsung meraih treble winner sekaligus yakni La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions. Keterampilannya melatih tim sepakbola tidak diragukan lagi. Setelah memutuskan untuk mengakhiri kontraknya di Barcelona pada tahun 2012, Guardiola menangani Bayern Munich yang juga merupakan salah satu tim raksasa Bundesliga. Dia menandatangani kontrak dengan Bayern Munich pada tahun 2013 dengan durasi tiga tahun. Berbagai gelar pun diraihnya bersama Bayern Munich. Untuk pennghargaan individual, Guardiola juga merupakan pelatih terbaik UEFA pada tahun 2009.
  • Jose Mourinho


The Special One. Sangat diluar dugaan para pengamat sepakbola dunia. Jose Mourinho menyepakati kontrak bersama Manchester United dengan durasi tiga tahun. Pelatih yang telah malang melintang di dunia sepakbola ini merupakan salah satu pelatih yang dikenal dengan perang psikisnya sebelum bertanding. Dia sempat melatih Chelsea pada tahun 2004 - 2007, kala itu Mourinho dikenal sebagai pelatih yang sangat berambisi mengalahkan pelatih Manchester United Alex Ferguson. Setiap kali Chelsea akan bersua dengan Manchester United maka dia akan memulai perang psikis terlebih dahulu. Atas sikapnya itu maka Jose Mourinho pun dicap sebagai si mulut besar. Sebelum menandatangani kontrak bersama Manchester United dia juga pernah menangani Real Madrid dari tahun 2010 - 2013. Ketika memutuskan kontrak dengan Real Madrid Mourinho kembali ke Chelsea namun karirnya tidak semulus pertama kali menangani Chelsea. Karir kepelatihan edisi kedua bersama Chelsea pun harus berakhir sebelum kompetisi berakhir.

Itulah profil ketiga pelatih papan atas yang akan memulai debutnya di Premier League musim 2016/2017. Mereka akan bersaing bersama pelatih papan atasnya yang telah lebih dahulu menangani klub di Premier League seperti Claudio Ranieri yang sukses membawa Leicester City meraih gelar pertama mereka musim lalu dan juga pelatih The Gunners Arsene Wenger yang bisa dibilang merupakan pelatih paling senior di Premier League.

Di antara beberapa nama tersebut tentunya membuat kita semakin penasaran dengan English Premier League musim 2016/2017. Siapa di antara mereka yang akan sukses meraih gelar juara 2016/2017?



Search