DUNIABOLA - Sejak awal dimulainya putaran pertama antar semua grup peserta Piala Eropa 2016 kali ini, nyaris tidak ada kejutan dari tim non unggulan yang patut untuk diperbincangkan oleh para pengamat sepakbola dunia. Sampai pada putaran pertama penghuni grup F laga antara Austria kontra Hungaria barulah ada negera peserta yang dibicarakan khalayak ramai saat ini.

Timnas Hungaria, salah satu negara peserta yang bisa dibilang adalah tim yang sangat tidak diperhitungkan di antara semua negara peserta Piala Dunia kali ini. Setelah sekian lama tidak ikut andil dalam ajang Piala Eropa, Hungaria berhasil membuat kejutan pada laga pertama mereka setelah berhasil menaklukkan Austria dengan skor 2-0.

Terakhir kali Hungaria tampil di Piala Eropa pada tahun1972, bisa dikatakan sudah 44 tahun lamanya Hungaria absen di pesta sepakbola paling akbar antar negara Eropa. Namun, pada laga pertama melawan Austria, mereka langsung memberikan kejutan dan pantas menjadi negara peserta yang wajib untuk diperhitungkan oleh lawannya.

Menghadapi Austria di Stadion Nouveau Stade de Bordeaux, Bordeaux, Selasa (14/6/2016) malam 23.00 WIB, Hungaria langsung meraih kemenangan. Kendati relatif tidak diunggulkan, mereka mampu menundukkan Austria 2-0 via gol yang dicetak oleh Adam Szalai pada menit 65 dan Zoltan Stieber di menit 86. 

Pada pertandingan tersebut, Hungaria dan Austria sama-sama tampil ofensif. Namun, Austria gagal mengantisipasi umpan panjang dan serangan balik yang kerap dilancarkan oleh Hungaria. Dua gol Hungaria semuanya diawali oleh dua skema tersebut.

"Tidak ada yang membicarakan kami sebelum pertandingan? Austria punya lebih banyak pemain berkualitas, jadi wajar kalau diunggulkan. Tapi, saya katakan lagi, kami mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan ini," ujar Bernd Storck yang merupakan kepala pelatih timnas Hungaria.

Setelah gol Szalai pada menit ke 65, Hungaria kembali mendapatkan keuntungan setelah bek Austria, Aleksandar Dragovic, mendapatkan kartu kuning keduanya. Austria pun bermain dengan 10 orang. Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan tekanan Austria. Mereka tetap berani bermain ofensif. Sampai pada menit ke 86, Austria pun kembali dibuat tidak berdaya oleh gol Stieber melalui skema serangan balik nan cepat.

Gol dari Stieber pun menyempurnakan hasil Hungaria menjadi 2 0 atas Austria. Kemenangan perdana Hungaria pun sekaligus mengantarkan mereka ke puncak klasemen Grup F saat ini.

Search