DUNIABOLA - Jelang laga Inggris kontra Russia dinihari nanti (12/6) beredar isu yang kurang enak beredar di kalangan penonton yang akan hadir menyaksikan laga ini. Kedua kesebelasan yang akan bersua terkenal dengan para pendukung fanatik mereka.

Salah satu kelompok fanatik Russia yang terkenal dengan nama Ultras mengancam melancarkan serangan kepada pendukung Inggris. Ultras kerap kali mengubah laga domestik menjadi medan perang. Mereka biasanya dikuasai oleh militan sayap kanan ekstrem yang terang-terangan mengibarkan simbol-simbol neo-Nazi.

Sementara Inggris juga mempunyai pendukung fanatik mereka yang terkenal dengan nama The Hooligans. Pendukung fanatik timnas Inggris juga tidak kalah ekstrem dengan pendukung fanatik Russia. Mereka juga kerap membuat kericuhan di setiap pertandingan.

Untuk mencegah terjadinya bentrok antar pendukung kedua negara, pihak kepolisian setempat pun harus bekerja ekstra. Pihak kepolisian khawatir kedua pendukung Timnas itu terlibat bentrokan jelang pertandingan pembukaan Piala Eropa 2016.

Pada Kamis malam, sekitar 100 penggemar Inggris dan 50 penduduk setempat terlibat dalam kekisruhan lain di jalan-jalan di sekitar area Vieux Port (Pelabuhan Tua), di mana terdapat beberapa bar Inggris dan Irlandia. Kursi-kursi beterbangan dan jendela-jendela hancur sebelum polisi mengendalikan situasi.

Juru bicara Menteri Dalam Negeri Pierre-Henri Brandet mengatakan bahwa masalah pada Jumat malam berpuncak pada perseteruan antara penggemar-penggemar yang tidak mematuhi pendekatan-pendekatan keamanan.

Search