Rekor Tak Terkalahkan Spanyol di Piala Eropa Terhenti Usai 12 Tahun

DUNIABOLA121.COM - Datang sebagai juara dua edisi di Piala Eropa, Spanyol harus menelan pil pahit kala berhadapan dengan Kroasia di babak terakhir penyisihan grup D. Pertandingan yang berlangsung di Stade de Bordeaux, Rabu (22/6) dini hari tadi pun dimenangkan Kroasia dengan skor 2-1. Kekalahan dari Kroasia membuat beberapa rekor Spanyol pun terhenti.

La Furia Roja julukan untuk timnas Spanyol harus menerima kekalahan pertama mereka dalam sepuluh tahun terakhir di ajang Piala Eropa. Sebenarnya Spanyol unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan tujuh menit berkat gol dari Alvaro Morata. Namun, Kroasia mampu membalikkan keadaan lewat gol dari Nicola Kalinic di menit 45 dan Ivan Perisic di menit 87.

Pada menit ke 72 Spanyol kembali mendapatkan satu peluang emas untuk kembali unggul dimana saat itu papan skor masih berimbang satu sama. Mereka mendapatkan hadiah tendangan penalti, namun gagal dieksekusi oleh Sergio Ramos.

Ini adalah kekalahan pertama Spanyol dalam tiga edisi terakhir saat tampil di putaran final Piala Eropa. Terakhir kali mereka merasakan kekalahan pada laga melawan Portugal di tahun 2004. Dan kekalahan dari Kroasia ini juga merupakan yang pertama kali saat mereka bisa unggul lebih dulu. Mereka juga akhirnya merasakan kebobolan dua kali di putaran final Euro sejak tahun 2000. Tim terakhir yang mampu menjebol gawang Spanyol dua kali adalah Prancis.

Adalah gol Ivan Kalinic menyudahi catatan clean sheet Spanyol. Catatan tak kebobolan mereka berhenti di angka 735 menit. Rentetan tiga kemenangan beruntun Spanyol atas Kroasia pun terhenti.



Search