DUNIABOLA - Duel Republik Irlandia dan Swedia di penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 sepertinya akan sangat menarik. Laga yang rencananya akan berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, malam ini pukul 23.00 WIB. Kedua tim pun ingin meraih angka penuh sekaligus memelihara peluang lolos ke-16 besar sekaligus menebar ancaman bagi dua tim yang lebih kuat di Grup E, Italia dan Belgia.

Republik Irlandia dan Swedia tidak memiliki beban terlalu berat di Piala Eropa 2016 kali ini. Sebagai tim non unggulan di grup E diperkirakan akan membuat keduanya bisa tampil lepas. Biasanya, tim yang bermain bebas tanpa beban itu akan menampilkan permainan menyerang yang menghibur. Namun beberapa kalangan optimis Republik Irlandia memiliki peluang besar untuk bisa tampil mengejutkan selama Piala Eropa 2016. Terlebih sejak diambil alih oleh Martin O’Neill dari Giovanni Trapattoni, performa mereka bisa dibilang cukup impresif. O'Neill adalah salah satu pelatih berpengalaman yang lama berkarier di Premier League.

Mengandalkan formasi klasik, yakni 4-4-2, dengan memasang Darren Randolph sebagai penjaga gawang, Seamus Coleman, John O'Shea, Richard Keogh, dan Stephen Ward di pertahanan, lalu ada Aiden McGeady, Glenn Whelan, James McCarthy, Stephen Quinn di lini tengah, dan duet Robbie Keane dan Shane Long, Republik Irlandia bisa menampilkan permainan taktis yang pragmatis.

Sedangkan Swedia mengandalkan formasi 4-5-1, dengan memainkan Isaksson sebagai kiper, Mikael Lustig, Andreas Granqvist, Martin Olsson, dan Erik Johansson di lini belakang, lalu ada Albin Ekdal, Kallstrom, Pontus Wernbloom, Sebastian Larsson, dan Erkan Zengin di lini tengah, serta mengandalkan lini depan kepada Ibrahimovic, dipercaya bisa setidaknya menembus babak penyisihan. Fokus mereka dengan mengandalkan Ibrahimovic sebagai juru gedor utama memang menghadirkan jaminan.

Akan tetapi, penampilan inkonsisten serta sangat ketergantungan kepada performa Ibrahimovic menjadi masalah utama yang dihadapkan anak asuhan Erik Hamren di Piala Eropa 2016. Bila lawan bisa mengunci Ibra dan menutup dukungan bola, maka bisa saja Swedia tersingkir. Yang pasti, kedua tim akan bermain lepas dan saling menjual serangan di Piala Eropa 2016 kali ini.

Search