DUNIABOLA - Jelang laga perdana melawan Republik Ceko yang rencananya akan digelar di Stadion Municipal, Toulouse pukul 20.00 WIB malam ini, Spanyol yang datang sebagai tim unggulan pun diprediksi akan memenangi laga malam ini.  

Namun Spanyol bukannya tim tanpa celah, Spanyol belum pernah lagi bisa memenangi partai pertamanya di sebuah turnamen besar sejak Euro 2008, saat menang 4-1 atas Rusia. Kembali mengingat pada Tahun 2014 lalu Spanyol tiba di Brasil sebagai favorit bermodal status juara bertahan dari Piala Dunia 2010, juga titel Piala Eropa 2008 dan 2012. Namun, La Furia Roja malah harus langsung berkemas sedari fase grup.

Kali ini menurut Andreas Iniesta, Spanyol telah belajar dari kesalahan-kesalahan yang lalu. Kini Spannyol mempunyai ambisi dan tekad untuk mempertahankan supremasi mereka di ajang Piala Eropa setelah menjuarainya dalam dua edisi terakhir. "Kami tiba dengan sebuah tanggung jawab sebagai juara (bertahan) dan kami ingin melaju sejauh mungkin. Setiap turnamen berbeda dan saya pikir kami memiliki sebuah skuat bagus dan bisa meraih hasil oke", ujar Iniesta.

Menilik lawan yang akan dihadapi Spanyol malam ini. Republik Ceko saat ini tidak seperti dulu lagi, Republik Ceko sekarang dalam fase regenerasi, pemain seperti Marek Jankulovski, Karel Poborsky, Pavel Nedved, dan Jan Koller telah tidak ada dalam skuat sekarang ini. Namun saat ini masih ada beberapa nama pemain pada era tersebut di antaranya Petr Cech, Tomas Sivok, Tomas Rosicky,

Melihat kondisi Republik Ceko saat ini, sepertinya akan sulit untuk meredam kekuatan Spanyol. Para pengamat sepakbola dunia mengatakan regenerasi Ceko terbilang terlambat. Kendati terlambat atau tidaknya melakukan regenerasi skuat Ceko saat ini masih bisa mengandalkan kecepatan lini depannya yang ditempati Tomas Necid dan Rosicky.

Search