DUNIABOLA121.COM - Irlandia Utara berhasil meraih poin pertama mereka saat menumbangkan Ukraina dengan skor 2-0. Laga yang berlangsung di Stade des Lumieres, Lyon, Kamis (16/6) pukul 23.00 WIB tersebut diwarnai hujan es yang sempat membuat pertandingan ditunda beberapa saat. Sebagai tim debutan, Irlandia Utara sukses tampil dengan hasil sempurna. Ini adalah kemenangan pertama mereka di putaran final Piala Eropa 2016 kali ini.

Dua gol Irlandia Utara ke gawang Ukraina diciptakan Gareth McAuley pada menit 49 dan Niall McGinn di menit akhir pertandingan. Gol pertama mereka terlahir dari tandukan kepala McAuley dari umpan tendangan bebas. Menurut sang pelatih, Michael O'Neill, tim besutannya pun memang telah berlatih dengan keras dalam hal melakukan tendangan bebas, dan kali ini hasil dari latihan tersebut pun terbayarkan. 

Kemenangan ini membuat Irlandia Utara masih menyimpan asa untuk lolos ke babak knock out sebagai peringkat ketiga terbaik. Mereka mengantongi nilai tiga dengan surplus satu gol. Laga selanjutnya, Irlandia Utara akan bertemu Jerman di Parc des Princes pada 21 Juni mendatang. 

Sementara dengan kekalahan ini, Ukraina pun diharuskan angkat koper dari ajang Piala Eropa 2016 kali ini. Ukraina telah menjalani dua pertandingan yang berakhir dengan kekalahan. Pada laga pertama Ukraina menelan kekalahan dari Jerman. Pelatih Ukraina, Mikhail Fomenko pun tidak bisa menyembunyikan kekecewaan bahwa timnya harus tersingkir dari Piala Eropa 2016. 

“Para pemain tidak bersatu, mereka tidak memenuhi sejumlah persyaratan kami. Jika para pemain memenuhi persyaratan, kami bisa saja memenangi pertandingan ini,” kata Fomenko

Kemenangan Irlandia Utara atas Ukraina ini disertai kabar duka bagi mereka juga. Pada laga tersebut seorang supporter mereka meninggal dunia di salah satu sisi tribun penonton. Supporter tersebut yang diidentifikasi berumur 62 tahun itu diyakini meninggal karena serangan jantung. Petugas medis yang datang untuk berusaha menyelamatkan nayawa pria tersebut pun gagal. 

Ini merupakan kematian kedua yang terjadi pada suporter Irlandia Utara. Di awal pekan ini seorang suporter Irlandia Utara yang lain meninggal dunia karena kecelakaan di Nice.



Search