Duniabola - Sanksi untuk PSSI telah dicabut oleh FIFA.  Dunia sepakbola Indonesia akan kembali seperti semula. FIFA melakukan itu setelah mendapat surat pencabutan SK Pembekuan PSSI yang ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi awal pekan kemarin. 

Berbagi saran dan kritik dari penikmat sepakbola tanah air kini pun ditujukan kepada pemerintah maupun PSSI agar hal serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari. Dunia sepakbola tanah air bagaikan mati suri selama setahun lebih setelah dibekukan FIFA. Kini sanksi tersebut telah dicabut setelah FIFA mencabut kembali sanksi tersebut saat kongres di Mexico.

Atas keputusan dari FIFA ini seluruh masyarakat Indonesia pun menyambut dengan gembira, khususnya Kemenpora. Tugas berat pun di depan mata sekarang agar dunia sepakbola tanah air kita kembali bergairah. Kini Indonesia telah kembali bebas beraktifitas dibidang sepakbola secara Internasional.

Salah satu pengamat sepakbola tanah air, Akmal Marhali mengatakan bahwa ke depannya diharapkan PSSI dan pemerintah sedianya harus bersinergi dalam membangun sepakbola tanah air. Jangan hanya PSSI yang berjalan sendiri sementara di sisi lain pemerintah kita juga mempunyai peran penting dalam hal ini.

"Saya melihat pencabutan pembekuan PSSI, kemudian sanksi FIFA bahwa ada satu benang merah bahwa sebenarnya mereka saling memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Tapi kemudian, PSSI tidak tunduk kepada pemerintah, PSSI hanya patuh kepada FIFA, hingga sampai kemudian timbul permasalahan," ujar Akmal dalam sebuah diskusi sepakbola.

Namun, Akmal juga mengkritisi sikap pemerintah yang dinilai tidak melakukan tugasnya selama pembekuan PSSI satu tahun, tidak benar-benar membangun fondasi sepakbola Indonesia. Ada banyak permasalahan di dalam PSSI yang seharusnya bisa disikapi oleh pemerintah. Salah satu contohnya adalah masalah legalitas dan lisensi klub-klub yang belakangan ini menjadi masalah. Tapi hal itu justru tidak diselesaikan secara kongret oleh pemerintah.

Dan disisi lain Akmal juga mengatakan bahwa satu pekerjaan rumah yang harus diubah oleh PSSI adalah soal perbaikan organisasinya di dalamnya. PSSI disebutnya harus tegas dan jangan melupakan regenerasi di dalam tubuh organisasi itu.

Semoga dunia sepakbola tanah air kita kembali bersinar.



Search