Seperti pada ajang sebelumnya, setiap pagelaran sepakbola paling akbar bisa dipastikan akan ada maskot yang sangat unik. Tidak hanya pada ajang sepakbola paling akbar sedunia FIFA World Cup. Pada ajang Piala Eropa UEFA 2016 yang akan digelar pada 10 Juni 2016 di Perancis juga mempunyai maskot tersendiri yang menarik dan unik.

Sang maskot dinamai Super Victor. Maskot Piala Eropa 2016 ini digambarkan sebagai seorang bocah pemberani dengan kekuatan bak superhero. Pertama kali Super Victor memperkenalkan diri pada laga persahabatan Perancis kontra Swedia pada November 2014 silam di Stade Velodrome, Marseille.

Nama Super Victor ini didapatkan dari hasil voting dari seluruh penggila sepakbola dunia. Melalui situs resmi UEFA voting dilakukan di antara tiga nama yakni Driblou, Goalix, dan Super Victor. Kemudian nama Super Victor berhasil meraih suara tertinggi dengan total suara 51.781. 

Super Victor terinspirasi dari kata victory yang berarti kemenangan atau kejayaan dan super yang merujuk pada kekuatan istimewa yang dimilikinya. Sang maskot pun digambarkan memakai seragam sepakbola berwarna biru, putih, merah yang terinspirasi dari warna bendera nasional Perancis yang bertindak sebagai tuan rumah pada Piala Eropa UEFA 2016 kali ini.

Setelah menetapkan nama resmi maskot Piala Eropa 2016 ini, UEFA kemudian membuat sebuah cerita singkatnya. Super Victor diceritakan sebagai seorang anak kecil biasa yang gemar bermain bola, Hingga suatu hari saat sedang bermain bola di sebuah lapangan kecil bersama teman-temannya, ia menemukan peti kuno misterius di balik pagar. Peti tersebut berisi jubah, bola, dan sepatu bola. Perlengkapan itu lantas membuatnya bisa terbang dan bermain sepakbola dengan kemampuan luar biasa.

Kini Super Victor ingin mengajak seluruh penggemar sepakbola di dunia untuk bersenang-senang dan merayakan seni sepakbola. Ia juga punya misi menghadirkan kegembiraan untuk semua orang dari semua kalangan pada 10 Juni 2016 di Perancis.

Search