Duniabola - Sepakbola musim 2015-2016 pun telah usai. Para juara di masing-masing liga  pun telah meraih gelarnya. Berikut kami tampilkan para profil kesebelasan yang berhasil tampil sebagai juara pada musim 2015-2016 di masing-masing liga sepakbola negaranya.

  • La Liga

Musim 2015-2016 ditutup oleh Barcelona yang tampil sebagai juara. Ini merupakan gelar keenamnya secara berturut sejak musim 2008-2009. Tim sepakbola yang berbasis di Barcelona, Spanyol ini merupakan satu-satunya klub Eropa telah memainkan sepakbola kontinental setiap musim sejak 1955, dan salah satu dari tiga klub tidak pernah terdegradasi dari La Liga, bersama dengan Athletic Bilbao dan Real Madrid. 

Pada tahun 2009, Barcelona menjadi klub pertama di Spanyol untuk memenangkan treble terdiri dari La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions . Pada tahun yang sama, juga menjadi klub sepakbola pertama yang memenangkan enam dari enam kompetisi dalam satu tahun.

Musim ini Barcelona berhasil mengumpulkan 91 poin pada klasemen La Liga dan unggul satu poin atas rival abadinya Real Madrid.
  • English Premier League

English Premier League musim 2015-2016 merupakan yang paling fenomenal tahun ini. Kesbelasan yang tampil sebagai juara adalah Leicester City. Musim 2015-2016 merupakan musim paling tidak membosankan di Premier League. Yang berhasil tampil sebagai juara adalah kesebelasan yang bukan berasal dari kesebelasan unggulan. Bahkan, yang berhasil mengangkat trophi adalah kesebelasan yang hampir terkena degradasi pada musim lalu.

From zero to hero mungkin kata yang tepat untuk pasukan The Foxes, dibawah kepelatihan Claudio Ranieri Leicester yang sejatinya adalah sebuah tim kecil dari kota kecil bahkan berisikan pemain non bintang berhasil bersaing dengan tim raksasa lainnya di Premier League dan berhasil menjuarai liga musim ini.

Leicester City berhasil mengumpulkan 81 poin di tangga klasemen dan unggul sepuluh poin dari penghuni kedua klasemen Liga Inggris Arsenal. Banyak kalangan seakan tidak percaya bahwas Leicester City menjuarai Premier League musim ini. Bahkan sampai dengan sekarang menjadi bahan perbincangan semua kalangan di seluruh dunia.
  • Bundesliga

Pada Bundesliga yang tamoil sebagai juara adalah Bayern Munich.Gelar juara musim 2015-2016 ini merupakan gelar keempat secara berturut-turut. Berdasarkan sejarah Bayern adalah tim paling sukses di sepak bola Jerman, karena mereka telah memenangkan paling banyak kejuaraan dan paling banyak piala. Mereka juga tim Jerman paling sukses dalam kompetisi internasional, setelah memenangkan enam trofi. Bayern merupakan salah satu dari tiga klub telah memenangkan semua tiga kompetisi besar Eropa dan juga klub terakhir yang memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut , mereka berhak memakai lencana multi-pemenang selama pertandingan Liga Champions.

Musim ini Bayern Munich tampil sebagi juara dengan total raihan 88 poin. Unggul sepuluh poin dari pesaing terdekatnya Borussia Dortmund yang menjadi Runner up dengan total 78 poin.
  • Serie A Italy

Juventus adalah peraih trophi Serie A musim 2015-2016.  Ini merupakan scudetto keenam mereka secara beruntun sejak musim 2011-2012.  

Secara historis adalah klub paling sukses di sepak bola Italia dan salah satu yang paling penting secara global.Secara keseluruhan, mereka telah memenangkan lima puluh lima gelar resmi di pentas nasional dan internasional, lebih dari klub Italia lainnya: rekor dua puluh sembilan gelar liga, rekor sembilan piala Italia, rekor enam piala super nasional, dan dengan sebelas gelar dalam konfederasi dan antar-konfederasi kompetisi (dua Piala Interkontinental, dua Liga Champions UEFA, satu Piala Winners UEFA, rekor tiga Piala UEFA, satu Piala Intertoto UEFA dan dua Piala Super UEFA) klub saat ini di peringkat keempat di Eropa dan kedelapan di dunia dengan paling banyak trofi yang dimenangkan.

Klub yang bermarkas di kota Turin, Italy ini merupakan salah satu klub sepak bola Italia dengan jumlah fans terbesar, dan diperkirakan ada 170 juta orang didunia yang juga menjadi fans Juventus. Juventus juga menjadi salah satu pencipta ide European Club Association, yang dulu dikenal dengan nama G-14, yang berisikan klub-klub kaya Eropa. Klub ini juga menjadi penyumbang terbanyak pemain untuk tim nasional Italia.


Search